Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayam Dong Tao atau Dragon Chicken, Ayam Berkaki Gajah Dari Vietnam Yang Harganya Bisa Mencapai $2000

 

            Dong Tao Chicken - atau Dragon Chicken, merupakan salah satu dari 15 jenis ayam yang ada di Vietnam.

Ayam ini memiliki ciri yang sangat kas yaitu pada bagian kakinya berbeda dengan kebanyakan ayam pada umumnya karena ukuran kakinya yang sangat besar.
Ukuran kaki ayam ini bisa mencapai pergelangan tangan manusia dan satu kaki Dragon Chicken ini bisa berbobot sampai 1kg.

Dahulu ayam ini hanya dikonsumsi oleh keluarga kerjaan atau digunakan untuk acara perayaan tertentu, tetapi sekarang sudah bisa dikonsumsi oleh masyarakat umum Vietnam.
Selain itu ayam ini juga sering digunakan untuk kontes.

Karena keunikan dan kesusahan untuk membudidayakan dan merawat ayam Dong Tao, membuatnya memiliki harga yang sangat mahal. Per pasangnya bisa mencapai $2000 atau per ekor sekitar $1250, sedangkan untuk anak ayam yang baru menetas bisa dihargai sekitar $8, di Amerika sendiri nampaknya juga ada yang menjual anakan ayam ini yang setengah lusinnya dihargai $51-$55.

Meskipun ayam Dong Tao memiliki postur tubuh yang sangat besar, tetapi ayam ini bisa terbang rendah seperti ayam kampung, ketinggian terbangnya hanya mencapai 1 meter saja.

Untuk siklus produksi terlurnya bisa mencapai 10-15 terlur dalam kurun waktu 2-3 minggu, setelah itu istirahat satu minggu dan bertelur lagi.
Pertahun rata-rata produksi terlur ayam Dong Tao adalah 60 telur, tetapi bisa mencapai 70 telur dengan menggunakan metode tertentu.
Penetasan anakan bisa menjadi tantangan tersendiri. Meskipun ayam ini memiki sifat seperti ayam kampung yang akan mengerami telurnya sampai menetas akan tetapi karena memiliki kaki yang sangat besar bisa menyebabkan telur yang dierami bisa pecah karena terinjak sendiri, ini juga menjadi salah satu faktor harganya bisa sangat mahal.

Treatment yang dilakukan untuk merawatnya juga unik, seperti diet agar ukuran tubuhnya tidak membengkak karena kalau terlalu besar takutnya tidak bisa berjalan, serta rutin mencuci kaki ayam Dong Tao agar tidak terkena infeksi, jamur atau penyakit lainnya.
Pemberian pakan dan nutrisi juga dilakukan untuk menjaga ayam ini selalu sehat terus.

Memiliki postur yang unik, yang dulunya hanya untuk kerajaan, sekarang menjadi kebutuhan umum yang populer, tetapi hanya ada sedikit karena pembesarannya lebih lama dari pada ayam pada umumnya.
Saya menyebut Dong Tao Chicken ini sebagai ayam gajah karena kakinya yang segede gajah, hehe.

Memposting tentang ayam memang menyenangkan apalagi kalau suka daging ayam, wkwk, apa sih geje ya. sampai jumpa.